BUPATI SERUAN MOTIVAS WARGA UNTUK IKUT HAJI

TALBIA – KUALA PEMBUANG. Bupati Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah Sudarsono memberikan motivasi kepada warganya untuk segera mendaftar dan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

“Kita tahu bahwa kuota haji kita terbatas, bukan hanya haji reguler saja yang daftar tunggunya banyak, tapi haji plus juga, meskipun daftar tunggu haji begitu banyak, tapi warga jangan jadi pesimistis untuk mendaftar,” katanya di Kuala Pembuang, Minggu (26/10).

Sudarsono yang baru saja datang dari tanah suci menjelaskan, saat ini pemerintah Arab Saudi sedang melakukan proyek besar-besaran di lokasi-lokasi yang akan dijadikan tempat ibadah haji.

“Terutama Mekah, terutama fasilitas yang dapat digunakan untuk menampung jamaah haji dalam jumlah yang lebih besar dari sekarang,” katanya.

Kalau saat ini Mekkah dan Madinah yang menjadi sentral ibadah haji hanya dapat menampung sekitar tiga juta jiwa dari seluruh dunia, maka beberapa tahun mendatang akan bertambah menjadi lima juta lebih.

“Kuota haji Indonesia sekitar 250.000 orang, namun melihat pembangunan yang dilakukan Arab Saudi, maka mungkin saja nanti kuota kita akan bertambah, jadi kalau sekarang yang daftar tunggu hingga lima tahun bisa saja dimajukan menjadi dua tahun,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Seruyan Hasanudin memaparkan bahwa daftar tunggu haji yang lama memang terkadang membuat orang jadi berpikir untuk pergi haji, seperti di Seruyan jumlah warga yang pergi haji setiap tahunnya mengalami penurunan.

Dalam catatan Kementerian Agama Seruyan, pada 2008 terdapat 53 orang jamaah haji, pada 2009 sebanyak 30 orang jamaah, tahun 2011 sebanyak 35 orang jamaah, tahun 2013 sebanyak 33 orang jamaah dan terakhir 2014 sebanyak 27 orang jamaah yang akan berangkat.

“Memang dibandingkan dengan daerah lain, calon haji dari Kabupaten Seruyan tergolong masih sedikit,” katanya.

PENDAFTARAN HAJI & UMRAH

Rizki Wahyu
HP: +6283814501168
BB pin:25AA5CB3
Twitter: @talbiaumroh
Email: rizki.wahyu83@gmail.com
Web: www.talbia.net

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.