Jamaah Lansia Bisa Berangkat Haji Dalam Tempo 2 Tahun

Jamaah Lansia Kini Bisa Berangkat Haji dalam Tempo 2 Tahun

Kementerian Agama memberikan kelonggaran bagi jamaah haji usia lanjut. Bagi jamaah berusia 75 tahun ke atas bisa berangkat ke Tanah Suci dalam 2 tahun.

Kementerian Agama memberikan prioritas bagi jamaah haji lanjut usia (lansia). Para calon jamaah haji usia 75 tahun tidak perlu menunggu lama untuk bisa berangkat ke Tanah Suci.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Ahda Barori mengatakan para lansia diberi kesempatan melunasi pembayaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap II pada 7-13 Juli 2015. Mereka bisa diberangkatkan tahun ini juga dan memiliki masa tunggu hanya dua tahun.

“Bagi lansia 75 tahun ke atas, begitu mendaftar, dua tahun kemudian diprioritaskan untuk berangkat. Ini adalah kebijakan pemerintah untuk mengakomodir jamaah lansia untuk diberangkatkan,” ujar Ahda, dikutip dari laman kemenag.go.id, Senin, 8 Juni 2015.

Meski demikian, para lansia harus memenuhi istitaah atau persyaratan layak berangkat haji. Salah satunya adalah faktor kemampuan fisik.

“Hanya bagi lansia yang memenuhi syarat bisa diberangkatkan,” kata dia.

Selanjutnya, terang Ahda, jamaah haji usia 75 tahun telah memiliki nomor dan terdaftar sejak tanggal 1 Januari 2014 dapat melakukan pelunasan tahap II. Kemenag bahkan memberikan kesempatan jamaah haji tersebut berangkat dengan menyertakan pendamping.

Terkait pendamping ini, Kemenag memberlakukan beberapa persyaratan. Syarat tersebut yaitu jamaah haji lansia mengajukan permohonan ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota, lalu dilakukan verifikasi berkas, dan dibuatkan surat usulan ke Kanwil dan Kanwil ke Dirjen PHU.

Syarat kedua, pendamping memiliki hubungan keluarga yaitu istri, suami, anak kandung atau adik kandung, dibuktikan dengan kartu keluarga, akta nikah akta kelahiran. Syarat ketiga, nomor pendamping sudah terdaftar sekurang-kurangnya tanggal 1 Januari 2012. Sedangkan syarat terakhir, jamaah pendamping mendaftar pada provinsi yang sama dengan jamaah haji lansia.(gsm)

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.