KISAH HATI NAIK HAJI BERKAT JUALAN SAYUR SELAMA 15TAHUN

TALBIA – WATAMPONE. Keinginan Hati Bin Rabba (75) seorang penjual sayur yang sehari-harinya menjajakkan dagangannya di pasar tradisional di Desa Paccing, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan untuk pergi haji akhirnya terwujud. Selama 15 tahun, Hati menyisihkan uang hasil menjual sayur untuk Ongkos Naik Haji (ONH).

Warga Dusun Boda, Desa Polewali, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone itu, melakoni aktifitasnya selama kurang lebih 20 tahun itu sebagai pedagang sayur setiap paginya di pasar tradisional tersebut.

Penghasilan pas-pasan dari berjualan sayur tak membuat tekad Hati serta keinginannya menyaksikan ka’bah surut sedikit pun. Terlebih dorongan Matta suaminya membuat ia terus bersemangat menyisihkan tabungannya untuk menunaikan rukun Islam kelima.

Meski hasil yang didapatkan dari berjualan sayur setiap harinya hanya berkisar Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu, Hati tetap rajin mengumpulkan uang demi bisa mendaftarkan dirinya untuk berangkat haji.

Setelah 15 tahun menabung, Hati akhirnya bisa mendaftarkan diri untuk naik haji pada tahun 2009 lalu. Sesuai jadwal yang ditentukan oleh Kementerian Agama (Kemenag), Hati pun berangkat haji tahun 2014 ini bersama Calon Haji (Calhaj) lainnya.

Terdaftar pada Kelompok Terbang (Kloter) 1 atau kloter 21 embarkasi Makassar, Hari ini, Selasa (23/09/2014), Hati bersama Calhaj lainnya telah diberangkatkan dari gedung Islamic Center Bone, pukul 07.20 WITA tadi, dan akan masuk asrama haji Sudiang Makassar sekitar pukul 14.00 WITA siang ini.

Dengan raut muka yang sumringah, Hati berniat Di akhir usianya, ia berharap bisa menyentuh dan mencium Hajar Aswad, sambil bermunjat kepada Allah. Meski bukan merupakan rukun haji atau wajib haji. Akan tetapi, hal tersebut menurutnya salah satu yang disunnahkan bagi yang mampu untuk melaksanakannya.

Kisah Hati ini membuktikan bahwa tekad kuat disertai niat yang ikhlas bisa mengantar seseorang menjalankan ibadah haji meskipun dari golongan masyarakat kecil. Karena pada intinya niat dan keiklasan menjadi salah satu penentu bagi seseorang yang akan bertamu ke rumah Allah itu.

INFORMASI PENDAFTARAN
HAJI UMRAH

Rizki Wahyu
HP: +6283814501168
BB pin:25AA5CB3
Twitter: @talbiaumroh
Email: rizki.wahyu83@gmail.com
Web: www.talbia.net

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.