MAHALNYA BUAH – BUAHAN INDONESIA DI MEKKAH

TALBIA – (KabarMakkah). Tidak seperti kebanyakan orang Arab lainnya, dia tidak mengenakan Jubah atau pakaian tradisional yang merupakan pakaian keseharian orang Arab (Saudi). Orang arab yang satu ini mengenakan setelan biasa kaos lengan pendek dengan celana jeans. Tapi dari cara berbicara dan logatnya saya bisa pastikan jika orang ini adalah orang Mekkah.

Bersama istrinya yang mengenakan cadar dia sedang memilih-milih buah. Sementara di trolly belanjanya saya lihat sudah ada beberapa sayuran seperti bayam, kangkung dan lainnya. Saya perhatikan orang ini sedang sedang menimang-nimang satu paket buah yang sudah tidak asing lagi di mata saya namun diperlakukan sangat istimewa di salah satu supermarket di kota Mekkah. Buah ini adalah buah rambutan. Orang arab tersebut langsung saya dekati dan saya tanya “Anda tahu itu buah apa?”

Buah Rambutan
Buah Rambutan

“Ya saya tahu ini rambutan, saya suka tapi harganya sangat mahal” jawabnya ramah, tapi tak urung juga diambilnya satu paket buah rambutan tersebut.

Bagaimana dia bisa mengenal buah rambutan saya tidak tahu. Karena kondisi yang tidak memungkinkan saya tidak bisa bertanya lebih lanjut. Buah ini memang diperlakukan istimewa karena ditata dan disusun sebegitu rupa sehingga pelanggan tidak bisa memilihnya, berbeda dengan buah lain seperti jeruk, apel, pisang dan buah lain yang pengunjung bisa memilih satu persatu.

Saya lihat di rak buah-buahan banyak dipajang buah lokal dan buah import dari manca Negara seperti apel, pepaya, kiwi, pisang, jeruk, nanas dan lain-lain. Buah-buahan khusus dari Indonesia seperti rambutan dan manggis yang saya sebutkan diatas tidak banyak macamnya dan harganya juga sangat mahal.

Rambutan yang dipaket 1 kilogram dibanderol 26 Riyal Saudi, kurang lebih 60.000 rupiah. Begitu juga dengan manggis, paket 1 kilogram harganya juga sama dengan rambutan. sepertinya buah-buahan Indonesia harganya belum bisa bersaing dengan buah dari negara lain. Bandingkan dengan apel amerika yang cuma dihargai 4 – 7 Riyal Saudi perkilonya.

Buah Manggis Di Mekkah
Buah Manggis Di Mekkah

Saudi Arabia merupakan importir buah terbesar di dunia karena banyak penduduknya yang sangat suka mengkonsumsi buah-buahan. Apalagi di waktu musim panas. Buah semangka, melon, pisang adalah buah-buahan yang sangat disukai oleh mereka. Pisang besar seperti pisang ambon biasanya diimpor dari Thailand dan Mesir, ada juga yang mirip pisang lampung yang didatangkan dari Yaman.

Beberapa jenis buahan Indonesia sudah ada yang masuk pasar Saudi seperti rambutan dan manggis yang saya sebut diatas bisa ditemui di supermarket-supermarket. Tapi tampaknya belum digarap dengan serius karena volumenya masih sedikit sehingga harganya melangit.

Ayo, jangan lewatkan peluang emas ini. Para pengusaha Indonesia, Jangan cuma jago kandang !!

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.