OPERATOR TELEKOMUNIKASI JAMAAH UMROH SELAMA DI TANAH SUCI

Senantiasa berkomunikasi melalui ponsel selama melaksanakan ibadah umroh di Tanah suci merupakan hal yang sangat penting, setidaknya dengan bantuan operator telekomunikasi kita tetap dapat terhubung dengan keluarga, kerabat maupun teman – teman, atau setidaknya dapat memberitahukan keadaan kita maupun sekedar mengetahui kondisi putra/putri selama kita beribadah di Tanah Suci. Disini peran operator komunikasi terasa vital peranannya.

komunikasi saudi 4 Operator Telekomunikasi Jamaah Umroh Selama di Tanah Suci
Dengan ponsel yang mungkin akhir – akhir ini menjadi perlengkapan umroh yang harus dibawa pula kita dapat berkomunikasi melalui sms dan telephone dengan istri/suami selama di masjid, terutama di masjid nabawi, dimana antara jamaah perempuan dan laki – laki terpisah. Namun Pertanyaan yang sering menghinggapi jamaah umroh apakah sebaiknya kita memakai nomor operator telekomunikasi lokal Saudi atau tetap memakai nomor yang selama ini kita pakai di Indonesia ya? Sekedar berbagi tips, dan sama sekali bukanlah bersifat promosi, berdasarkan pengalaman prbadi dan beberapa jamaah umroh lainnya
Sekedar informasi, hampir sebagian besar operator telekomunikasi tanah air, sebut saja Telkomsel, XL, Indosat  dan Axis telah bekerja sama dengan operator kumunikasi lokal di Saudi, seperti Zain,  Mobily dan STC demi memudahkan komunikasi jamaah haji dan umroh selama di Saudi.

Bila Menggunakan Nomor Operator Telekomunikasi Tanah Air

Sebagian dari jamaah umroh ingin tetap menggunakan nomor operator telekomunikasi tanah air dengan berbagai alasan, diantaranya selain lebih mudah dihubungi, juga tidak perlu repot – repot mengganti kartu dengan operator lokal Saudi. Apalagi jika jamaah tersebut harus tetap terhubung dengan kolega bisnis di tanah air, tentu saja menggonta – ganti kartu dapat mengganggu kelancaran berkomunikasi selama beribadah. Apalagi durasi ibadah yang singkat, sekitar 9 – 15 hari.
komunikasi saudi 5 Operator Telekomunikasi Jamaah Umroh Selama di Tanah Suci
Bila hal demikian yang terjadi, memang tak perlu mengganti kartu, namun pastikan telah terjalin kerjasama antara operator telekomunikasi Indonesia yang digunakan dengan operator lokal di Saudi. Tentunya  agar tarifnya lebih murah, semurah operator lokal saudi. Tanyakan kepada petugas call center masing – masing operator. Menurut pengalaman kami selama musim haji,  memang terdapat beberapa tarif promo sebagai bentuk jalinan kerjasama, sebut saja operator AXIS bersama STC, INDOSAT yang menggandeng Mobily, dan TELKOMSEL dengan ZAIN.  Namun pada saat diluar musim haji sebagian dari operator Indonesia mereka menggunakan tarif reguler dengan pengenaan roaming internasional
Tanyakan kepada operator komunikasi jamaah umroh masing – masing, cara seting HP dengan operator lokal dengan operator saudi, apakah harus di seting secara manual, atau otomatis. Jangan sampai pulsa tersedot habis karena roaming internasional, bila operator Tanah Air  belum bekerjasama dengan operator di Saudi. Bagi pelanggan operator telekomunikasi pra bayar, pastikan telah memiliki deposit pulsa yang mencukupi, atau dapat meminta bantuan kerabat yang ada di tanah air untuk mengisi saldo pulsa.

Bila Menggunakan Nomor Operator Telekomunikasi Saudi Arabia

Apabila jamaah umroh ingin mengganti kartu SIM nya dengan Kartu seluler (SIM Card) operator telekomunikasi lokal Saudi, terdapat beberapa pilihan operator lokal. Setidaknya ada  Mobily yang SIM card nya banyak dipergunakan oleh jamaah umroh asal Indonesia. Operator Mobily memiliki jaringan yang cukup luas di Arab Saudi. SIM Card perdananya mudah diperoleh di beberapa counter amaupun PKL di depan Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi.
Menggunakan operator telekomunikasi mobily, selain harga SIM perdana yang murah, sekitar 40 SAR (1 SAR : Rp 2.700) sudah termasuk  pulsa perdana sebesar 25 SAR, isi ulangnya pun mudah ditemukan di pasaran mulai 10 SAR. voucer isi ulang juga tersedia dalam pecahan lain  dengan harga sesuai dengan jumlah yang tertera. Pulsa isi ulang SAR 10 harganya pun tetap 10 SAR. Berbeda dengan di Indonesia, beli pulsa Rp 10 ribu dibayar Rp 11 ribu atau Rp 12 ribu. Perbedaan lainnya, di  Saudi isi ulang menggunakan voucer fisik dengan (voucher gesek) dan bukan elektrik
Jamaah umroh yang ingin mengganti kartunya dengan Mobily, Zain dan STC tak perlu bingung mencarinya. Hampir semua penjual voucher warga setempat, petugas catering,  atau para pembimbing (muthawwif) jamaah umroh telah menyediakan nya. Ketiga operator telekomunikasi seluler lokal saudi ini masing – masing menawarkan harga yang sangat kompetitif dan lebih murah jika dibandingkan menggunakan operator tanah air jika sekedar ingin ber SMS ataupun layanan panggilan telephone.
Sebaiknya nomor yang kita gunakan satu operator telekomunikasi dengan jamaah yang sering dihubungi ketika beribadah umroh, misalkan suami/istri, teman satu rombongan / satu kamar dll, sehingga dapat menekan biaya komunikasi. Keuntungan menggunakan nomer telepon lokal adalah masih bisa menerima SMS dan telpon dari keluarga, teman, kerabat di Indonesia, sehingga telephone dan sms yang masuk pun hanya yang sudah dikenal. Setidaknya hal ini dapat sedikit mengurangi gangguan telephone dan sms, selama beribadah umroh.
Bagi pengguna gadget Blackberry, layanan BBM dengan operator Mobily bisa di dapatkan dengan membeli perdana seharga 30 SAR yang di dalamnya tertanam pulsa senilai 40 SAR. Layanan inipun dapat dikatifkan mulai 29 SAR perminggu.
Selain Mobily, kartu perdana dan isi ulang lain yang tersedia adalah Al Jawal STC, dan Zain SA walaupun perdana nya  lebih mahal berkisar 100 SAR. Untuk pulsa isi ulang kedua operator telekomunikasi ini juga mudah diperoleh di toko, PKL dan petugas catering ataupun guide  dari biro umroh. Tidak perlu khawatir, pedagang pulsa di sekitar Masjid juga mahir menggunakan Bahasa Indonesia.
Satu lagi, bagi jamaah umroh pengguna ponsel dengan fasilitas wi-fi,  Di Mekkah dan Madinah, banyak tersebar hotspot gratis dari hotel disekitar Masjidil Haram  dan Masjid Nabawi, tidak ada salahnya sesekali sekedar nongkrong di depan hotel maupun cafe untuk menelpon sanak family dengan layanan BBM Voice atau free talk lain nya sambil menikmati segelas susu, kopi, maupun teh.
komunikasi saudi 51 Operator Telekomunikasi Jamaah Umroh Selama di Tanah Suci
Namun yang perlu diingat adalah tujuan keberangkatan jamaah ke Mekkah Al Mukarramah dan Madinah Al Munawarrah adalah untuk beribadah umroh. Jika ingin menggunakan operator telekomunikasi baik operator dari Indonesia maupun operator lokal saudi, layanan Blackberry  dengan mendownload dan membuka aplikasi do’a seputar umroh dan haji, atau bahkan sesekali membuka Peta Navigasi dengan tujuan agar jamaah tidak tersesat, maka Insya Allah ini akan sangat membantu. Tinggalkan sejenak kesibukan duniawi Anda, semoga tips diatas dapat membantu anda meminimalisir biaya selama umroh , khususnya biaya komunikasi selama menjalankan Ibadah bagi jamaah umroh umrah, Semoga mendapatkan Umroh Maqbul… Amin

INFORMASI LENGKAP

Rizki Wahyu
HP: +6283814501168
BB pin:25AA5CB3
Twitter: @talbiaumroh
Facebook: Talbia Haji Umroh
Email: rizki.wahyu83@gmail.com
Web: www.talbia.net

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.