Ratusan Jamaah Haji Hadiri ‘Kenang Kembali Haji’

KULONPROGO (KRjogja.com) – Ratusan jamaah haji mengikuti pengajian songsong Ramadan dan “mengenang dan menjaga kemabruran haji”, yang digelar ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Kulonprogo, di Masjid Agung Wates, Minggu (14/6/2015). Acara yang dibuka Kabag Kesra Arif Prastowo SSos MSi, diisi mengenang kembali haji oleh ustad Drs H Wakiyo Darojat MA, dan pengajian disampaikan ustad Drs H Zamari.

Dijelaskan Ketua IPHI Kulonprogo Drs HR Agus Santosa MA, dengan mengenang kembali haji akan terus selalu menjaga ukhuwah. “Selain itu juga menjaga kemabruran, serta bersilaturahmi dengan jamaah,” ujarnya.

Kabag Kesra Setda Kulonrogo Arif Prastowo menyambut baik adanya pengajian oleh IPHI. Jamaah haji di Kulonprogo dengan potensi sumber daya manusia (SDM)-nya ikut serta menopang pembangunan manusia. Sebab pembangunan tidak hanya mencakup fisiknya saja, tapi yang terpenting adalah iman dan ketakwaan, yang salah satu dari jamaah haji.

Ustad Wakiyo dalam mengenang kembali kemabruran haji menyampaikan beberapa hal terkait haji untuk menggugah kembali para jamaah akan rukun haji dan seputarnya. Pertanyaan-pertanyaan dilontarkan Wakiyo  terkait wajib dan rukun haji, dan lain sebagainya.

Sementara itu, ustad Zamari kepada para jamaah mengajak agar dalam menjalankan puasa dengan ikhlas. Serta menjauhi apa yang dilarang dalam berpuasa diantaranya ghibah (membicarakan orang lain), berkata kasar, berkatu jelek, dan sebagainya. “Di bulan Ramadan, diharapkan memperbanyak tadarus dan sodaqoh. Karena dengan sodaqoh akan banyak faedahnya,” kata Zamari. (Wid)

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.