TIPS BERHAJI DARI OKKY ASOKAWATI

TALBIA – JAKARTA. Anggota DPR RI Okky Asokawati punya tips untuk persiapan para calon haji. Menurut mantan model itu, ada dua hal penting yang harus dipersiapkan saat akan menjalankan ibadah haji.

Mental dan fisik menjadi hal paling penting dijaga dan perlu diperhatikan berdasarkan usia calon jemaah haji.

“Untuk jemaah yang masih muda, berusia di bawah 50 tahun masalah mental yang harus lebih diperhatikan, sedangkan untuk yang di atas 50 tahun tentunya lebih ke mempersiapkan fisik yang lebih kuat karena berangkat haji sudah pasti perlu ketahanan fisik karena di sana banyak melakukan ritual,” kata Okky saat ditemui Tempo di kawasan Senayan, Ahad 22 September 2013.

Mengapa mental lebih perlu diperhatikan oleh yang berusia lebih muda, menurut Okky hal tersebut berkaitan dengan bagaimana para jemaah dapat mengatur emosi agar dapat menjalani ibadah tidak hanya dapat rasa lelahnya saja. “Tujuannya pergi haji, Kalau cuma napak tilas apa yang telah dilakukan Nabi Muhamad SAW, saya yakin tidak akan dapat apa-apa. Itu cuma akan dapat capek, lelahnya aja. Tentu kita berharap menjadi pribadi yang lebih baik, keimanan yang lebih tebal, karena banyak hal yang bisa kita maknai, secara spiritual,” papar Okky.

Banyak ego yang harus ditekan saat menjalani ibadah haji karena di sana melibatkan banyak orang dengan berbagai karakteristik dan fasilitas yang terbatas. Sehingga untuk hal-hal antrian mandi, makan, seperti sepele namun jika dihadapi tanpa kesabaran tentu akan berimbas pada kekesalan.

Berhaji, menurut Okky harus sangat mengikuti peraturan. “Jadikan berhaji sebagai ajang dan situasi untuk mengesampingan kehendak kita dan mengutamakan kehendak Alllah di situ. Rela saja diatur sang Maha pengatur, itu yang harus kita persiapkan. Di sana pakai ihram serba putih, maknai bahwa hati kita harus dibersihkan jangan punya keinginan-keinginan untuk dilayani.”(tempo)

INFORMASI LENGKAP

Rizki Wahyu
HP: +6283814501168
BB pin:25AA5CB3
Twitter: @talbiaumroh
Facebook: Talbia Haji Umroh
Email: rizki.wahyu83@gmail.com
Web: www.talbia.net

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.